Visi Misi dan Tujuan Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Visi:
Terwujudnya Fakultas yang Terkemuka, Unggul, Inovatif dan Kompetitif Secara Global Dalam Bidang Ekonomi dan Bisnis yang Berlandaskan Technopreneur University Tahun 2027.
Misi :
- Mengembangkan kurikulum yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan industri, dengan fokus pada pendidikan technopreneur yang menghasilkan lulusan yang siap berkompetisi di pasar global.
- Meningkatkan pengembangan fakultas melalui program pelatihan dan pengembangan profesional yang berkelanjutan, serta memberikan insentif untuk inovasi dan kinerja yang unggul.
- Meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah dengan menekankan pada penelitian interdisipliner yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan industri, serta memperluas jaringan kerja sama internasional untuk meningkatkan dampak globalnya.
- Memperkuat infrastruktur dan fasilitas yang memadai untuk mendukung pengajaran, penelitian dan pengabdian, serta memastikan keberlanjutan operasional yang efisien dan efektif.
- Menjalin kemitraan strategis dengan industri dan perusahaan di dalam dan luar negeri untuk meningkatkan kesempatan kerja dan pengalaman industri bagi mahasiswa, serta memfasilitasi kolaborasi dalam penelitian dan pengabdian.
Tujuan :
- Menghasilkan lulusan yang siap berkompetisi secara global dengan keterampilan technopreneurship yang tinggi dan mampu menghasilkan inovasi dalam bidang ekonomi dan bisnis.
- Meningkatkan kualitas pengajaran dengan mengembangkan kurikulum yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan industri serta menerapkan pendekatan pembelajaran yang interaktif dan efektif.
- Meningkatkan kualitas dan dampak penelitian interdisipliner yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan industri, serta meningkatkan jumlah publikasi ilmiah di jurnal internasional bereputasi.
- Memperkuat infrastruktur dan fasilitas untuk mendukung pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang efisien dan efektif, sehingga tercipta lingkungan akademik yang kondusif dan berdaya saing.
- Membangun jaringan kemitraan strategis dengan industri dan perusahaan di dalam dan luar negeri untuk meningkatkan kesempatan kerja dan pengalaman industri bagi mahasiswa, serta memfasilitasi kolaborasi dalam penelitian dan pengabdian.
Visi Misi Tujuan dan Strategi Program Studi
Visi Keilmuan Program Studi Manajemen-S1
“Menjadi Program Studi S1 Manajemen yang Unggul untuk menghasilkan Tenaga Profesional di bidang Manajemen yang inovatif, adaptif dan kompetitif dalam menghadapi persaingan global pada tahun 2027”.
Misi Program Studi Manajemen-S1
- Menyelenggarakan Pendidikan dan mencapai keunggulan akademik yang inovatif, adaptif dan kompetitif untuk menghasilkan tenaga profesional di bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, dan Manajemen Operasional yang memenuhi standar kualitas kerja yang disyaratkan.
- Menyelenggarakan Penelitian yang bermutu, modern, inovatif, adaptif dan relevan di bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan dan Manajemen Operasional yang memenuhi standar kualitas hasil dan output.
- Menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai pemanfaatan hasil pendidikan dan penelitian yang inovatif dan adaptif di bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan dan Manajemen Operasional yang memiliki outcomes bagi masyarakat dan stakeholders.
- Menerapkan manajemen pendidikan tinggi yang efektif dan efisien, dan mengembangkan jaringan kerjasama baik dalam negeri maupun luar negeri yang berkelanjutan dengan perguruan tinggi, industri dan kemitraan dibidang manajemen, sebagai respon atas perubahan arus dan daya saing global.
Tujuan Program Studi Manajemen-S1
- Menghasilkan Sarjana Manajemen yang mempunyai pengetahuan dan pemahaman yang luas tentang prinsip, konsep, terminologi, tujuan, dan praktek manajemen dalam organisasi kontemporer dan kemampuan menemukan, memahami, menjelaskan masalah dan merumuskan cara memecahkan masalah yang ada dalam organisasi dan mengambil keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan;
- Menghasilkan Sarjana Manajemen yang mempunyai keterampilan melakukan penelitian berdasarkan pemahaman terhadap metodologi penelitian dan teknik analisis yang relevan;
- Menghasilkan Sarjana Manajemen yang mempunyai sikap kreatif dan inovatif, mandiri dalam berpikir dan bertindak, bekerja dalam tim, berkomunikasi secara efektif, sikap dan perilaku etis.
- Mendorong dosen untuk menghasilkan penelitian, pengabdian kepada masyarakat, publikasi karya ilmiah dan HKI dalam pengembangan ilmu manajemen dengan mengacu pada Rencana Induk Penelitian dan PKM;
- Terlaksananya kerjasama akademik dan non akademik yang berkelanjutan dengan perguruan tinggi, industri dan kemitraan di bidang manajemen.
Strategi Program Studi Manajemen-S1
Pengembangan Kurikulum yang Inovatif
- Membentuk komite kurikulum yang terdiri dari dosen dan industri untuk merancang kurikulum yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan industri.
- Mengadakan workshop dan seminar untuk mengidentifikasi tren industri terkini dan memperbarui kurikulum secara berkala.
- Melakukan evaluasi berkala terhadap kurikulum yang ada dan memperbarui jika diperlukan.
Pengembangan Sumber Daya Manusia
- Memberikan pelatihan dan pengembangan profesional kepada dosen secara berkala untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan penelitian.
- Memberikan reward kepada dosen yang memiliki kinerja unggul dan inovasi yang dapat meningkatkan reputasi Program Studi.
- Melakukan rekrutmen dosen yang berkualitas dan memiliki pengalaman industri untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan penelitian.
Meningkatkan Kualitas Penelitian, Publikasi Ilmiah dan HKI
- Membentuk kelompok penelitian yang terdiri dari dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian interdisipliner yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan industri.
- Mendorong dosen untuk menghasilkan publikasi ilmiah di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi dan mengembangkan kemitraan internasional untuk meningkatkan dampak globalnya.
- Mendorong dosen untuk menghasilkan HKI dalam pengembangan ilmu manajemen.
Melaksanakan program pengabdian dalam bidang manajemen dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk kebutuhan masyarakat dan menghasilkan model desa binaan.
Meningkatkan Infrastruktur dan Fasilitas
- Meningkatkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pengajaran dan penelitian.
- Meningkatkan kebersihan dan keamanan lingkungan kampus untuk menciptakan lingkungan akademik yang kondusif dan nyaman.
Meningkatkan Kemitraan dengan Industri
- Membangun jaringan kemitraan strategis dengan industri dan perusahaan di dalam dan luar negeri untuk meningkatkan kesempatan kerja dan pengalaman industri bagi mahasiswa.
- Menyediakan program magang, kerja sama penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan industri untuk memperluas pengalaman dan keterampilan mahasiswa.
- Melakukan pertemuan dan forum diskusi dengan industri untuk memperbarui tren industri terkini dan memperkuat kemitraan yang ada.
Informasi Umum dan Prospek Kerja Program Studi
Kurikulum program studi ini biasanya mencakup mata kuliah inti seperti:
- Dasar-Dasar Manajemen: Prinsip-prinsip dasar manajemen, teori organisasi, dan strategi.
- Manajemen Keuangan: Analisis laporan keuangan, perencanaan keuangan, dan investasi.
- Manajemen Pemasaran: Strategi pemasaran, riset pasar, dan perilaku konsumen.
- Manajemen Sumber Daya Manusia: Rekrutmen, pelatihan, dan pengembangan karyawan.
- Manajemen Operasi: Proses produksi, manajemen rantai pasokan, dan kualitas.
Keterampilan yang Diajarkan
Mahasiswa akan mengembangkan keterampilan dalam:
- Perencanaan Strategis: Menyusun dan menerapkan strategi bisnis.
- Pengambilan Keputusan: Menggunakan data dan analisis untuk membuat keputusan yang efektif.
- Komunikasi Bisnis: Berkomunikasi secara efektif baik secara lisan maupun tulisan dalam konteks bisnis.
- Pengelolaan Proyek: Merencanakan, melaksanakan, dan mengawasi proyek-proyek bisnis.
Lulusan program ini dapat mengejar berbagai karir di bidang manajemen seperti:
- Manajer: Dalam berbagai fungsi seperti pemasaran, keuangan, atau operasi.
- Konsultan Bisnis: Menyediakan layanan konsultasi untuk membantu organisasi memperbaiki kinerja mereka.
- Pengusaha: Membuka dan mengelola usaha sendiri.
- Analis Bisnis: Menganalisis data bisnis dan memberikan rekomendasi strategis.