Instrumen Akreditasi Unggul (IAU) LAMEMBA
| Tanggal Update
| Link Instrumen
|
DL – 9 Panduan Penilaian Akreditasi Unggul | 24 Februari 2025 | Download |
DL – 8 Formulir Penilaian Komite Akreditasi | 24 Februari 2025 | Download |
DL – 7 Formulir Penilaian Asesmen Lapangan | 24 Februari 2025 | Download |
DL – 6 Formulir Penilaian Asesmen Kecukupan | 24 Februari 2025 | Download |
DL – 5 Panduan Penyusunan Dokumen Pemantauan dan Evaluasi | 24 Februari 2025 | Download |
DL – 4 Panduan Penyusunan Dokumen Kinerja Program Studi | 24 Februari 2025 | Download |
DL – 3 Panduan Penyusunan Dokumen Evaluasi Diri | 24 Februari 2025 | Download |
DL – 2 Kriteria dan Prosedur | 5 Maret 2025 | Download |
DL – 1 Naskah Akademik | 24 Februari 2025 | Download |
No. | Dimensi | Indikator | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
Kriteria 1. Orientasi Strategis | ||||||
1.a | Misi | 1. UPPS/PS menunjukkan bukti pencapaian misinya yang sesuai dengan pemangku kepentingan yang dilayani, cakupan layanan yang disediakan, hasil dan kontribusi yang diharapkan berdasar nilai-nilai dan keyakinan yang menjadi landasan moral bagi keputusan, kegiatan, dan kontribusi UPPS/PS. 2. UPPS/PS menunjukkan bukti bahwa misi disusun dan ditetapkan dengan melibatkan pemangku kepentingan. 3. UPPS/PS menunjukkan bukti bahwa misi ditinjau dan dievaluasi agar tetap relevan dengan kebutuhan pemangku kepentingan pada saat ini dan di masa datang. 4. UPPS/PS menunjukkan bukti bahwa misi telah digunakan sebagai landasan dan pedoman bagi kebijakan, keputusan, kegiatan, hasil, dan kontribusinya. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
1.b | Visi | 1. UPPS/PS menunjukkan bukti pencapaian visi yang selaras dengan visi institusi. 2. UPPS/PS merumuskan visi dengan jelas, realistis, kredibel, dan selaras dengan visi institusi. 3. UPPS/PS menunjukkan bukti bahwa visi mampu menjadi standar kinerja UPPS/PS, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. 4. UPPS/PS menunjukkan bukti proses dan hasil evaluasi relevansi visi yang memerhatikan arah perkembangan lingkungan internal dan eksternal dengan melibatkan pemangku kepentingan. 5. UPPS/PS menunjukkan bukti bahwa visi telah digunakan sebagai landasan dan pedoman atas kebijakan, keputusan, kegiatan, hasil, dan kontribusinya. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
1.c | Tujuan dan Sasaran | 1. UPPS/PS menunjukkan bukti pencapaian tujuan yang diturunkan dari misi dan visi serta dievaluasi dan ditinjau ulang secara berkala agar relevan dengan kebutuhan pemangku kepentingan, serta selaras dengan arah perkembangan lingkungan internal dan eksternal. 2. UPPS/PS menunjukkan bukti pencapaian sasaran yang diturunkan dari tujuan dan dinyatakan secara spesifik, yaitu dengan menetapkan ukuran pencapaian, waktu, dan pemangku kepentingan sasaran. 3. UPPS/PS menunjukkan upaya dan tingkat pencapaian tujuan dan sasaran. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
1.d | Strategi | 1. UPPS/PS menunjukkan bukti dalam menjalankan strateginya yang sesuai dengan misi, visi, tujuan dan sasarannya serta mengintegrasikan manajemen risiko. 2. UPPS/PS menunjukkan bukti bahwa strategi ditetapkan dan dilaksanakan dengan mengintegrasikan manajemen risiko. 3. UPPS/PS menunjukkan bukti bahwa perancangan dan pelaksanaan strategi melibatkan pemangku kepentingan dalam mendapatkan, mengembangkan, dan memanfaatkan sumber daya dengan memerhatikan keefektifan dan efisiensi. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
Kriteria 2. Tata Pamong dan Tata Kelola | ||||||
2.a | Tata Pamong | 1. UPPS/PS menunjukkan struktur dan proses tata pamong. 2. UPPS/PS menunjukkan bukti dilaksanakannya proses pengawasan, pembentukan sinergi, penyediaan sumber daya, penjagaan dan penguatan nilai-nilai yang mengacu pada misi dan visi institusi dengan efektif dan efisien. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
2.b | Tata Kelola | 1. UPPS/PS menunjukkan bukti pelaksanaan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian usaha untuk mendapatkan, mengembangkan, dan memanfaatkan sumber daya untuk mewujudkan visi, mencapai tujuan dan sasarannya. 2. UPPS/PS menunjukkan bukti bahwa sistem tata kelola mampu mendorong UPPS/PS menjalankan tugas dan kewajibannya secara efektif, efisien, akuntabel, bertanggung jawab, transparan, adil, dan terhindar dari konflik kepentingan. 3. UPPS/PS menjalankan sistem manajemen mutu internal yang diimplementasikan secara konsisten, efektif, dan efisien, serta melaporkan hasil penjaminan mutu secara berkala untuk tindak lanjut peningkatan mutu UPPS dan PS dalam menjalankan Tridharma. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
Kriteria 3. Pengelolaan Mahasiswa | ||||||
3.a | Penerimaan Mahasiswa | 1. UPPS/PS menunjukkan bukti bahwa penerimaan mahasiswa dilaksanakan secara transparan dan selaras dengan misi, visi, tujuan dan sasaran, strategi, nilai-nilai dan profil/kompetensi lulusan yang diharapkan. 2. UPPS/PS menunjukkan bukti bahwa pelaksanaan dan hasil penerimaan mahasiswa bersifat inklusif, afirmatif, adil, dan mempertimbangkan asas pemerataan. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
3.b | Layanan Akademik Mahasiswa | 1. UPPS/PS menunjukkan bukti tingkat penggunaan (partisipasi pengguna) modalitas dan pedagogi (tangible and intangible resources) yang sesuai dengan kompetensi/CPL mahasiswa (tangible and intangible resources, serta penggunaan teknologi dan AI). 2. UPPS/PS menunjukkan bukti tingkat penggunaan (partisipasi pengguna) fasilitas/dukungan pada kegiatan unit mahasiswa yang selaras dengan misi, visi, tujuan dan sasaran, serta strategi UPPS/PS. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
3.c | Kinerja Akademik Mahasiswa | 1. Dimensi kinerja akademik mahasiswa mendeskripsikan kemampuan mahasiswa dalam menuntaskan proses belajar. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
3.d | Kesejahteraan Mahasiswa | 1. UPPS/PS menunjukkan bukti pemanfaatan layanan kesehatan fisik dan mental serta fasilitas belajar dan proses belajar yang memerhatikan kesejahteraan fisik dan mental mahasiswa. 2. UPPS/PS menunjukkan bukti pemanfaatan (partisipasi pengguna) fasilitas belajar, olahraga, kesehatan, kesenian, kantin, dan/atau fasilitas lainnya yang sesuai misi, visi, tujuan dan sasaran, serta strategi, yang memenuhi standar kebersihan, kesehatan, keamanan, dan keselamatan, serta memerhatikan kesetaraan gender dan ramah difabel. 3. UPPS/PS menunjukkan bukti ketersediaan kebijakan, peraturan, dan tindakan yang menjamin lingkungan belajar terbebas dari berbagai tindak diskriminasi, pelecehan, perundungan, dan kekerasan. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
3.e | Pengembanga n Karir Mahasiswa | 1. UPPS/PS menunjukkan bukti memiliki rencana dan melaksanakan program yang mendukung pengembangan karir mahasiswa, yang antara lain, dapat berupa pembekalan bagi mahasiswa untuk memasuki dunia kerja, pelaksanaan bursa kerja, dan penyaluran lulusan. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
Kriteria 4. Dosen dan Tenaga Kependidikan | ||||||
4.a | Kecukupan dan Kualifikasi Dosen | 1. UPPS/PS menunjukkan bukti penetapan dan penggunaan kriteria dalam menentukan kualifikasi dosen untuk mendukung fokus Tridharma dengan memerhatikan SN-Dikti, SAN-Dikti, misi, visi, tujuan dan sasaran, serta strategi UPPS/PS yang berkaitan dengan tingkat pendidikan, jenjang jabatan akademik, bidang keilmuan, kepakaran, dan rekognisi dosen dengan jumlah yang cukup sesuai fokus Tridharma Perguruan Tinggi. 2. UPPS menunjukkan bukti penggunaan matriks yang menggambarkan rencana dan pelaksanaan penugasan dosen di berbagai PS yang dikelolanya. 3. UPPS/PS menerapkan beban kerja dosen yang konsisten dengan fokus Tridharma. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
4.b | Pengelolaan Dosen | 1. UPPS/PS menunjukkan bukti pelaksanaan rencana rekrutmen dan pengembangan dosen secara terstruktur, dan berkelanjutan, sehingga memiliki dosen dengan jumlah dan kualifikasi sesuai dengan kebutuhan UPPS/PS dan misi, visi, tujuan dan sasaran, serta strategi. 2. UPPS menunjukkan bukti telah memberi dukungan dan fasilitas secara terstruktur dan berkelanjutan kepada dosen untuk memajukan pendidikan, ilmu pengetahuan, praktik profesional, kerjasama/keterlibatan, dan rekognisi di bidang EMBA. 3. UPPS/PS menunjukkan bukti telah melakukan evaluasi proses secara sistematik, terstruktur, dan berkelanjutan terhadap rekrutmen, pengembangan dosen, dan bukti pengukuran kinerja dosen dalam bidang pendidikan, penelitian, dan PKM. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
4.c | Kecukupan dan Kualifikasi Tenaga Kependidikan | 1. UPPS/PS menunjukkan bukti telah memiliki dan menggunakan kriteria untuk menentukan kualifikasi dan jumlah tenaga kependidikan dengan memerhatikan SN DIKTI untuk mendukung kegiatan UPPS/PS dalam mencapai misi, visi, tujuan dan sasaran, serta strategi. 2. UPPS/PS menunjukkan bukti bahwa kualifikasi tenaga kependidikan (pendidikan dan kompetensi) sesuai dengan tugas yang diembannya. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
4.d | Pengelolaan Tenaga Kependidikan | 1. UPPS/PS menunjukkan bukti memiliki dan melaksanakan rencana rekrutmen dan pengembangan tenaga kependidikan secara sistematik, terstruktur, dan berkelanjutan. 2. UPPS/PS menunjukkan bukti pengelolaan tenaga kependidikan dalam lingkup perencanaan dan pengembangan yang terstruktur sesuai dengan arah pengembangan UPPS/PS termasuk untuk memenuhi kebutuhan layanan mahasiswa dan mendukung karir serta kinerja tenaga kependidikan. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
Kriteria 5. Keuangan dan Sarana Prasarana | ||||||
5.a | Keuangan | 1. UPPS/PS menunjukkan bukti telah merencanakan penerimaan dan pengeluaran/pemanfaatan sumber keuangan untuk mendukung, mempertahankan, dan meningkatkan kualitas layanan, terutama yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan operasional pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta investasi yang selaras dengan misi, visi, tujuan dan sasaran, serta strategi. 2. UPPS/PS menunjukkan bukti telah melakukan usaha dan menunjukkan hasil-hasilnya untuk menjamin keberlanjutan sumber daya keuangan. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
5.b | Sarana Prasarana | 1. UPPS/PS menunjukkan bukti penyediaan dan pengelolaan serta rencana pengembangan sarana dan prasarana yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dan dosen untuk kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan oleh tenaga kependidikan untuk mendukung kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. 2. UPPS/PS menunjukkan bukti bahwa sarana dan prasarana yang memenuhi standar kebersihan, kesehatan, keamanan, dan keselamatan, serta memerhatikan kesetaraan gender dan ramah difabel. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
Kriteria 6. Pendidikan dan Pengajaran | ||||||
6.a | Kurikulum | 1. UPPS/PS menunjukkan bukti penggunaan peta kurikulum untuk menjamin struktur mata kuliah dan kegiatan pembelajaran konsisten dan relevan dengan kompetensi (CPL) yang diharapkan dan selaras dengan misi, visi, tujuan dan sasaran, serta strategi. 2. UPPS/PS menunjukkan bukti implementasi kurikulum mampu memfasilitasi keterlibatan aktif mahasiswa dalam proses pembelajaran, interaksi produktif antara mahasiswa, dosen, praktisi, dan masyarakat umum untuk mencapai tujuan pembelajaran, dengan memanfaatkan kerjasama dengan mitra yang dievaluasi dan ditindaklanjuti secara berkala agar selaras dengan misi, visi, tujuan, dan sasaran, serta strategi UPPS dan visi keilmuan PS. 3. UPPS/PS menunjukkan bukti penggunaan materi dan metoda pembelajaran yang mutakhir dan relevan dengan kebutuhan EMBA saat ini dan di masa depan, memiliki perspektif global, selaras dengan misi, visi, tujuan dan sasaran, serta strategi untuk mencapai kompetensi (CPL) yang ditetapkan. 4. UPPS/PS menunjukkan bukti evaluasi, perbaikan, dan pengembangan kurikulum agar sesuai dan relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, praktik profesional, dan tantangan di masa yang akan datang dengan melibatkan pemangku kepentingan. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
6.b | Jaminan Pembelajaran | 1. UPPS/PS menunjukkan bukti pengukuran langsung atas ketercapaian kompetensi (CPL) mahasiswa dengan menggunakan pedoman standar pemenuhan capaian pembelajaran (rubrik) dan instrumen yang valid dan handal dengan metode yang relevan dalam mengukur ketercapaian kompetensi (CPL) mahasiswa. 2. UPPS/PS menunjukkan bukti intervensi sebagai tindak lanjut hasil pengukuran ketercapaian kompetensi (CPL) mahasiswa, untuk perbaikan kualitas pembelajaran dan tingkat pemenuhan CPL 3. UPPS/PS melakukan pengukuran tidak langsung atas ketercapaian kompetensi (CPL) mahasiswa, antara lain melalui survey pengguna maupun studi pelacakan lulusan (tracer study) dan mempertimbangkan masukan dari hasil pengukuran tersebut ke dalam intervensi perbaikan kualitas pembelajaran. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
Kriteria 7. Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat | ||||||
7.a | Penelitian | 1. UPPS/PS menunjukkan bukti perencanaan strategis pada kegiatan, hasil, dan kontribusi penelitiannya dalam memajukan pendidikan, ilmu pengetahuan, dan praktik profesional bagi pemangku kepentingan. 2. UPPS/PS menunjukkan bukti bahwa kegiatan dan hasil penelitiannya mampu berkontribusi dalam memajukan ilmu pengetahuan, pendidikan, dan praktik profesional pemangku kepentingan. 3. UPPS dan PS menunjukkan bukti kegiatan dan hasil kerja sama/keterlibatan penelitian (rekognisi) dengan para mitranya di bidang penelitian dan/atau praktik profesional telah mendukung dan selaras dengan misi, visi, tujuan dan sasaran, serta strategi UPPS/PS. 4. UPPS/PS menunjukkan bukti pengintegrasian kegiatan, hasil, dan kontribusi penelitian dalam evaluasi kinerja dosen. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
7.b | Pengabdian Kepada Masyarakat | 1. UPPS/PS menunjukkan bukti perencanaan strategis pada kegiatan, hasil, dan kontribusi PKM dalam memajukan pendidikan, ilmu pengetahuan, dan praktik profesional bagi pemangku kepentingan. 2. UPPS/PS menunjukkan bukti bahwa kegiatan dan hasil PKM mampu berkontribusi dalam memajukan ilmu pengetahuan, pendidikan, dan praktik profesional pemangku kepentingan. 3. UPPS/PS menunjukkan bukti kegiatan dan hasil kerja sama /keterlibatan pengabdian kepada masyarakat (rekognisi) dengan para mitranya di bidang pengabdian kepada masyarakat dan/atau praktik profesional mendukung dan selaras dengan misi, visi, tujuan dan sasaran, serta strategi UPPS/PS. 4. UPPS/PS menunjukkan bukti pengintegrasian kegiatan, hasil, dan kontribusi PKM dalam evaluasi kinerja dosen. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
Kriteria 1. Orientasi Strategis | ||||||
1.a | Misi | 5. UPPS/PS menunjukkan bukti pencapaian misinya yang sesuai dengan pemangku kepentingan yang dilayani, cakupan layanan yang disediakan, hasil dan kontribusi yang diharapkan berdasar nilai-nilai dan keyakinan yang menjadi landasan moral bagi keputusan, kegiatan, dan kontribusi UPPS/PS. 6. UPPS/PS menunjukkan bukti bahwa misi disusun dan ditetapkan dengan melibatkan pemangku kepentingan. 7. UPPS/PS menunjukkan bukti bahwa misi ditinjau dan dievaluasi agar tetap relevan dengan kebutuhan pemangku kepentingan pada saat ini dan di masa datang. 8. UPPS/PS menunjukkan bukti bahwa misi telah digunakan sebagai landasan dan pedoman bagi kebijakan, keputusan, kegiatan, hasil, dan kontribusinya. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
1.b | Visi | 6. UPPS/PS menunjukkan bukti pencapaian visi yang selaras dengan visi institusi. 7. UPPS/PS merumuskan visi dengan jelas, realistis, kredibel, dan selaras dengan visi institusi. 8. UPPS/PS menunjukkan bukti bahwa visi mampu menjadi standar kinerja UPPS/PS, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. 9. UPPS/PS menunjukkan bukti proses dan hasil evaluasi relevansi visi yang memerhatikan arah perkembangan lingkungan internal dan eksternal dengan melibatkan pemangku kepentingan. 10. UPPS/PS menunjukkan bukti bahwa visi telah digunakan sebagai landasan dan pedoman atas kebijakan, keputusan, kegiatan, hasil, dan kontribusinya. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
1.c | Tujuan dan Sasaran | 4. UPPS/PS menunjukkan bukti pencapaian tujuan yang diturunkan dari misi dan visi serta dievaluasi dan ditinjau ulang secara berkala agar relevan dengan kebutuhan pemangku kepentingan, serta selaras dengan arah perkembangan lingkungan internal dan eksternal. 5. UPPS/PS menunjukkan bukti pencapaian sasaran yang diturunkan dari tujuan dan dinyatakan secara spesifik, yaitu dengan menetapkan ukuran pencapaian, waktu, dan pemangku kepentingan sasaran. 6. UPPS/PS menunjukkan upaya dan tingkat pencapaian tujuan dan sasaran. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
1.d | Strategi | 4. UPPS/PS menunjukkan bukti dalam menjalankan strateginya yang sesuai dengan misi, visi, tujuan dan sasarannya serta mengintegrasikan manajemen risiko. 5. UPPS/PS menunjukkan bukti bahwa strategi ditetapkan dan dilaksanakan dengan mengintegrasikan manajemen risiko. 6. UPPS/PS menunjukkan bukti bahwa perancangan dan pelaksanaan strategi melibatkan pemangku kepentingan dalam mendapatkan, mengembangkan, dan memanfaatkan sumber daya dengan memerhatikan keefektifan dan efisiensi. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
Kriteria 2. Tata Pamong dan Tata Kelola | ||||||
2.a | Tata Pamong | 3. UPPS/PS menunjukkan struktur dan proses tata pamong. 4. UPPS/PS menunjukkan bukti dilaksanakannya proses pengawasan, pembentukan sinergi, penyediaan sumber daya, penjagaan dan penguatan nilai-nilai yang mengacu pada misi dan visi institusi dengan efektif dan efisien. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
2.b | Tata Kelola | 4. UPPS/PS menunjukkan bukti pelaksanaan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian usaha untuk mendapatkan, mengembangkan, dan memanfaatkan sumber daya untuk mewujudkan visi, mencapai tujuan dan sasarannya. 5. UPPS/PS menunjukkan bukti bahwa sistem tata kelola mampu mendorong UPPS/PS menjalankan tugas dan kewajibannya secara efektif, efisien, akuntabel, bertanggung jawab, transparan, adil, dan terhindar dari konflik kepentingan. 6. UPPS/PS menjalankan sistem manajemen mutu internal yang diimplementasikan secara konsisten, efektif, dan efisien, serta melaporkan hasil penjaminan mutu secara berkala untuk tindak lanjut peningkatan mutu UPPS dan PS dalam menjalankan Tridharma. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
Kriteria 3. Pengelolaan Mahasiswa | ||||||
3.a | Penerimaan Mahasiswa | 3. UPPS/PS menunjukkan bukti bahwa penerimaan mahasiswa dilaksanakan secara transparan dan selaras dengan misi, visi, tujuan dan sasaran, strategi, nilai-nilai dan profil/kompetensi lulusan yang diharapkan. 4. UPPS/PS menunjukkan bukti bahwa pelaksanaan dan hasil penerimaan mahasiswa bersifat inklusif, afirmatif, adil, dan mempertimbangkan asas pemerataan. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
3.b | Layanan Akademik Mahasiswa | 3. UPPS/PS menunjukkan bukti tingkat penggunaan (partisipasi pengguna) modalitas dan pedagogi (tangible and intangible resources) yang sesuai dengan kompetensi/CPL mahasiswa (tangible and intangible resources, serta penggunaan teknologi dan AI). 4. UPPS/PS menunjukkan bukti tingkat penggunaan (partisipasi pengguna) fasilitas/dukungan pada kegiatan unit mahasiswa yang selaras dengan misi, visi, tujuan dan sasaran, serta strategi UPPS/PS. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
3.c | Kinerja Akademik Mahasiswa | 2. Dimensi kinerja akademik mahasiswa mendeskripsikan kemampuan mahasiswa dalam menuntaskan proses belajar. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
3.d | Kesejahteraan Mahasiswa | 4. UPPS/PS menunjukkan bukti pemanfaatan layanan kesehatan fisik dan mental serta fasilitas belajar dan proses belajar yang memerhatikan kesejahteraan fisik dan mental mahasiswa. 5. UPPS/PS menunjukkan bukti pemanfaatan (partisipasi pengguna) fasilitas belajar, olahraga, kesehatan, kesenian, kantin, dan/atau fasilitas lainnya yang sesuai misi, visi, tujuan dan sasaran, serta strategi, yang memenuhi standar kebersihan, kesehatan, keamanan, dan keselamatan, serta memerhatikan kesetaraan gender dan ramah difabel. 6. UPPS/PS menunjukkan bukti ketersediaan kebijakan, peraturan, dan tindakan yang menjamin lingkungan belajar terbebas dari berbagai tindak diskriminasi, pelecehan, perundungan, dan kekerasan. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
3.e | Pengembanga n Karir Mahasiswa | 2. UPPS/PS menunjukkan bukti memiliki rencana dan melaksanakan program yang mendukung pengembangan karir mahasiswa, yang antara lain, dapat berupa pembekalan bagi mahasiswa untuk memasuki dunia kerja, pelaksanaan bursa kerja, dan penyaluran lulusan. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
Kriteria 4. Dosen dan Tenaga Kependidikan | ||||||
4.a | Kecukupan dan Kualifikasi Dosen | 4. UPPS/PS menunjukkan bukti penetapan dan penggunaan kriteria dalam menentukan kualifikasi dosen untuk mendukung fokus Tridharma dengan memerhatikan SN-Dikti, SAN-Dikti, misi, visi, tujuan dan sasaran, serta strategi UPPS/PS yang berkaitan dengan tingkat pendidikan, jenjang jabatan akademik, bidang keilmuan, kepakaran, dan rekognisi dosen dengan jumlah yang cukup sesuai fokus Tridharma Perguruan Tinggi. 5. UPPS menunjukkan bukti penggunaan matriks yang menggambarkan rencana dan pelaksanaan penugasan dosen di berbagai PS yang dikelolanya. 6. UPPS/PS menerapkan beban kerja dosen yang konsisten dengan fokus Tridharma. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
4.b | Pengelolaan Dosen | 4. UPPS/PS menunjukkan bukti pelaksanaan rencana rekrutmen dan pengembangan dosen secara terstruktur, dan berkelanjutan, sehingga memiliki dosen dengan jumlah dan kualifikasi sesuai dengan kebutuhan UPPS/PS dan misi, visi, tujuan dan sasaran, serta strategi. 5. UPPS menunjukkan bukti telah memberi dukungan dan fasilitas secara terstruktur dan berkelanjutan kepada dosen untuk memajukan pendidikan, ilmu pengetahuan, praktik profesional, kerjasama/keterlibatan, dan rekognisi di bidang EMBA. 6. UPPS/PS menunjukkan bukti telah melakukan evaluasi proses secara sistematik, terstruktur, dan berkelanjutan terhadap rekrutmen, pengembangan dosen, dan bukti pengukuran kinerja dosen dalam bidang pendidikan, penelitian, dan PKM. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
4.c | Kecukupan dan Kualifikasi Tenaga Kependidikan | 3. UPPS/PS menunjukkan bukti telah memiliki dan menggunakan kriteria untuk menentukan kualifikasi dan jumlah tenaga kependidikan dengan memerhatikan SN DIKTI untuk mendukung kegiatan UPPS/PS dalam mencapai misi, visi, tujuan dan sasaran, serta strategi. 4. UPPS/PS menunjukkan bukti bahwa kualifikasi tenaga kependidikan (pendidikan dan kompetensi) sesuai dengan tugas yang diembannya. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
4.d | Pengelolaan Tenaga Kependidikan | 3. UPPS/PS menunjukkan bukti memiliki dan melaksanakan rencana rekrutmen dan pengembangan tenaga kependidikan secara sistematik, terstruktur, dan berkelanjutan. 4. UPPS/PS menunjukkan bukti pengelolaan tenaga kependidikan dalam lingkup perencanaan dan pengembangan yang terstruktur sesuai dengan arah pengembangan UPPS/PS termasuk untuk memenuhi kebutuhan layanan mahasiswa dan mendukung karir serta kinerja tenaga kependidikan. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
Kriteria 5. Keuangan dan Sarana Prasarana | ||||||
5.a | Keuangan | 3. UPPS/PS menunjukkan bukti telah merencanakan penerimaan dan pengeluaran/pemanfaatan sumber keuangan untuk mendukung, mempertahankan, dan meningkatkan kualitas layanan, terutama yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan operasional pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta investasi yang selaras dengan misi, visi, tujuan dan sasaran, serta strategi. 4. UPPS/PS menunjukkan bukti telah melakukan usaha dan menunjukkan hasil-hasilnya untuk menjamin keberlanjutan sumber daya keuangan. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
5.b | Sarana Prasarana | 3. UPPS/PS menunjukkan bukti penyediaan dan pengelolaan serta rencana pengembangan sarana dan prasarana yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dan dosen untuk kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan oleh tenaga kependidikan untuk mendukung kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. 4. UPPS/PS menunjukkan bukti bahwa sarana dan prasarana yang memenuhi standar kebersihan, kesehatan, keamanan, dan keselamatan, serta memerhatikan kesetaraan gender dan ramah difabel. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
Kriteria 6. Pendidikan dan Pengajaran | ||||||
6.a | Kurikulum | 5. UPPS/PS menunjukkan bukti penggunaan peta kurikulum untuk menjamin struktur mata kuliah dan kegiatan pembelajaran konsisten dan relevan dengan kompetensi (CPL) yang diharapkan dan selaras dengan misi, visi, tujuan dan sasaran, serta strategi. 6. UPPS/PS menunjukkan bukti implementasi kurikulum mampu memfasilitasi keterlibatan aktif mahasiswa dalam proses pembelajaran, interaksi produktif antara mahasiswa, dosen, praktisi, dan masyarakat umum untuk mencapai tujuan pembelajaran, dengan memanfaatkan kerjasama dengan mitra yang dievaluasi dan ditindaklanjuti secara berkala agar selaras dengan misi, visi, tujuan, dan sasaran, serta strategi UPPS dan visi keilmuan PS. 7. UPPS/PS menunjukkan bukti penggunaan materi dan metoda pembelajaran yang mutakhir dan relevan dengan kebutuhan EMBA saat ini dan di masa depan, memiliki perspektif global, selaras dengan misi, visi, tujuan dan sasaran, serta strategi untuk mencapai kompetensi (CPL) yang ditetapkan. 8. UPPS/PS menunjukkan bukti evaluasi, perbaikan, dan pengembangan kurikulum agar sesuai dan relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, praktik profesional, dan tantangan di masa yang akan datang dengan melibatkan pemangku kepentingan. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
6.b | Jaminan Pembelajaran | 4. UPPS/PS menunjukkan bukti pengukuran langsung atas ketercapaian kompetensi (CPL) mahasiswa dengan menggunakan pedoman standar pemenuhan capaian pembelajaran (rubrik) dan instrumen yang valid dan handal dengan metode yang relevan dalam mengukur ketercapaian kompetensi (CPL) mahasiswa. 5. UPPS/PS menunjukkan bukti intervensi sebagai tindak lanjut hasil pengukuran ketercapaian kompetensi (CPL) mahasiswa, untuk perbaikan kualitas pembelajaran dan tingkat pemenuhan CPL 6. UPPS/PS melakukan pengukuran tidak langsung atas ketercapaian kompetensi (CPL) mahasiswa, antara lain melalui survey pengguna maupun studi pelacakan lulusan (tracer study) dan mempertimbangkan masukan dari hasil pengukuran tersebut ke dalam intervensi perbaikan kualitas pembelajaran. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
Kriteria 7. Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat | ||||||
7.a | Penelitian | 5. UPPS/PS menunjukkan bukti perencanaan strategis pada kegiatan, hasil, dan kontribusi penelitiannya dalam memajukan pendidikan, ilmu pengetahuan, dan praktik profesional bagi pemangku kepentingan. 6. UPPS/PS menunjukkan bukti bahwa kegiatan dan hasil penelitiannya mampu berkontribusi dalam memajukan ilmu pengetahuan, pendidikan, dan praktik profesional pemangku kepentingan. 7. UPPS dan PS menunjukkan bukti kegiatan dan hasil kerja sama/keterlibatan penelitian (rekognisi) dengan para mitranya di bidang penelitian dan/atau praktik profesional telah mendukung dan selaras dengan misi, visi, tujuan dan sasaran, serta strategi UPPS/PS. 8. UPPS/PS menunjukkan bukti pengintegrasian kegiatan, hasil, dan kontribusi penelitian dalam evaluasi kinerja dosen. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
7.b | Pengabdian Kepada Masyarakat | 5. UPPS/PS menunjukkan bukti perencanaan strategis pada kegiatan, hasil, dan kontribusi PKM dalam memajukan pendidikan, ilmu pengetahuan, dan praktik profesional bagi pemangku kepentingan. 6. UPPS/PS menunjukkan bukti bahwa kegiatan dan hasil PKM mampu berkontribusi dalam memajukan ilmu pengetahuan, pendidikan, dan praktik profesional pemangku kepentingan. 7. UPPS/PS menunjukkan bukti kegiatan dan hasil kerja sama /keterlibatan pengabdian kepada masyarakat (rekognisi) dengan para mitranya di bidang pengabdian kepada masyarakat dan/atau praktik profesional mendukung dan selaras dengan misi, visi, tujuan dan sasaran, serta strategi UPPS/PS. 8. UPPS/PS menunjukkan bukti pengintegrasian kegiatan, hasil, dan kontribusi PKM dalam evaluasi kinerja dosen. | Tautan Dokumen Manajemen | Tautan Dokumen Akuntansi | Tautan Dokumen Ekonomi | Tautan Dokumen Bisnis Digital |
No | Deskripsi | Jumlah | Persentase |
1 | Jumlah Dosen Tetap | ||
2 | Jumlah Doktor | ||
Jumlah Magister | |||
3 | Jumlah Guru Besar | ||
Jumlah Lektor Kepala | |||
Jumlah Lektor | |||
4 | Jumlah Dosen yang memiliki publikasi | ||
5 | Jumlah Dosen yang memiliki sertifikat kompetensi |